Thursday, June 14, 2012

Menyiapkan makanan bayi -Part 1

Menyiapkan makanan bayi

Tidak Ada Bumbu
Apakah memberikan makanan bayi buatan sendiri atau dibeli di toko makanan bayi, hindari menambahkan bumbu yang tidak sehat (garam, mentega, minyak, krim atau gula). Meskipun mungkin terasa hambar bagi Anda, bayi akan menemukan rasa alami dalam merangsang makanan bayi! Menjaga bayi dari garam ekstra dan gula juga dapat membantu dia belajar kebiasaan makan yang sehat. Makan sehat adalah penting sepanjang hidup.

Anda tidak perlu membuat menu terpisah untuk bayi. Memasak makanan untuk seluruh keluarga dan sisihkanlah sebagian untuk bayi anda sebelum menambahkan bumbu.

Buah-buahan dan sayuran segar
Buah dan sayuran yang dikemas dengan vitamin, mineral dan serat. Ini adalah penting untuk perkembangan bayi anda.
Ketika memilih buah-buahan segar dan sayuran:
- Perhatikan sayur dan buah hati-hati. Jangan menggunakannya jika mereka memar atau rusak.
- Cuci semua produk (buah-buahan dan sayuran) secara menyeluruh dengan air sebelum Anda memasak mereka. Bahkan buah dan sayuran dengan kulit harus dicuci. Bakteri dapat hidup di kulit dan masuk ke makanan saat Anda memotongnya atau mempersiapkan mereka. Cobalah menggosok buah dan sayuran dengan sikat hanya digunakan untuk mencuci produk.
- Keringkan dengan menggunakan handuk kertas atau kain bersih.
- Hapus semua lubang, biji dan kulit sebelum digunakan. Ini dapat menyebabkan bayi tersedak.
- Masak sayuran dan buah-buahan secara merata. Hal ini membantu bayi Anda untuk mencerna makanan lebih baik. Alpukat dan buah-buahan seperti pisang, plum, pepaya matang, persik dan aprikot tidak perlu dimasak.
- Gunakan produk segar dalam satu atau dua hari setelah membeli mereka. Buah dan sayuran segar mulai kehilangan vitamin dan mineral seiring berjalannya waktu.
- Jika sayuran segar atau buah-buahan tidak tersedia, cobalah sayuran beku atau kalengan dan buah-buahan. Baca label untuk memastikan mereka tidak memiliki tambahan gula atau garam..

Hindari nitrat
 Nitrat adalah bahan kimia yang kadang-kadang dapat ditemukan dalam air (biasanya air dari sumur) dan tanah. Nitrat dapat menyebabkan penyakit darah yang disebut methemoglobinemia (tipe anemia) atau "bayi biru". Meskipun jarang terjadi, bayi yang lebih muda dari 6 bulan bisa sakit jika mereka makan makanan yang memiliki nitrat.

Nitrat dapat merusak sayuran segar tertentu seperti kacang hijau, wortel, labu, bit atau bayam. (Yang dibeli di toko makanan bayi yang memiliki sayuran ini sudah diperiksa untuk keselamatan.) Anda masih dapat menggunakan sayuran segar untuk membuat makanan bayi buatan sendiri selama Anda mengikuti langkah-langkah untuk keamanan:
- Jangan memberi makan bayi hijau kacang-kacangan, wortel, labu, bit atau bayam jika dia lebih muda dari 6 bulan
- Gunakan porsi kecil
- Hindari sayuran ini jika mereka telah didinginkan selama lebih dari 24 jam
- Jangan menggunakan sayuran untuk jus buatan sendiri (seperti jus wortel)

Mix it up! Berikan bayi sayuran segar lain juga, seperti kacang polong, kentang atau jagung manis (yang rendah akan nitrat).

Makanan organik
Menurut American Dietetic Association, makanan organik mungkin tidak sehat atau aman daripada jenis lain dari makanan. Keunggulan dan kelemahan makanan organik adalah:
- Makanan organik biasanya tumbuh menggunakan pestisida lebih sedikit dibandingkan makanan lainnya.
- Hanya beberapa jenis pupuk dan pembunuh gulma dapat digunakan ketika tumbuh makanan organik.
- Rekayasa genetika dan beberapa jenis radiasi tidak dapat digunakan.
- Menggunakan produk buatan pada makanan organik tidak disarankan.
- Hewan yang menghasilkan susu organik, telur dan daging tidak dapat diberikan hormon untuk meningkatkan pertumbuhan atau antibiotik untuk alasan apapun.
- Hewan harus memiliki akses ke luar rumah, seperti padang rumput.
- Makanan organik biasanya lebih mahal daripada makanan lainnya. Beberapa orang tua dapat memilih untuk berhati-hati dan membeli makanan organik ketika mereka bisa. Apa yang paling penting adalah bahwa bayi mendapat banyak buah dan sayuran.

Vegetarian, vegan
Bayi bisa sehat jika mereka makan makanan vegetarian (tidak ada daging, unggas atau makanan laut) atau vegan (tidak ada hewan atau makanan susu). Tapi penting untuk memastikan dia makan berbagai makanan bergizi.

Bicarakan dengan petugas kesehatan bayi Anda dan ahli diet sering. Mereka akan membantu Anda membuat rencana makan yang sehat yang mencakup beberapa makanan yang diperkaya dan suplemen untuk membantu bayi tumbuh kuat. Beberapa pengganti daging sehat adalah kacang bubur, buncis, lentil, tahu dan telur matang. Pastikan untuk mengikuti pedoman kapan harus memperkenalkan bayi pada makanan padat.

No comments:

Post a Comment