Friday, June 22, 2012

Kapankah Bayi Butuh Makanan Padat?

Kapankah Bayi Butuh Makanan Padat?

ASI akan menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan sampai bayi Anda usia enam bulan. Pada saat ini, kebanyakan bayi secara fisik siap untuk makanan padat. Otot di lidah bayi telah cukup berkembang untuk mentransfer makanan ke bagian belakang mulut.

Pengenalan makanan padat (termasuk sereal) tidak dianjurkan sebelum usia enam bulan karena alasan berikut:

  • Makanan padat yang dapat menurunkan asupan susu. Untuk bayi muda, ASI lebih bergizi daripada makanan padat
  • Alergi makanan bisa berkembang jika makanan padat diperkenalkan sebelum sistem pencernaan siap untuk menangani mereka
  • Sebelum sekitar empat bulan usia kemampuan bayi untuk menelan makanan padat tidak sepenuhnya berkembang dengan baik.
  • Tidak ada bukti bahwa pemberian awal sereal membantu bayi tidur sepanjang malam



Makanan padat tidak dapat digunakan untuk menggantikan susu, melainkan untuk melengkapinya saat susu tidak dapat lagi memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan. Sereal bayi tidak akan membantu bayi Anda tidur sepanjang malam atau puas lagi antara menyusui. Tidak ada yang dapat menggantikan harga ASI diawal kehidupan bayi kita.

Banyak ibu menyusui lebih memilih untuk menunggu sampai enam bulan sebelum memberikan makanan padat sehingga pasokan susu mereka tidak terpengaruh.

Bayi sering mengalami peningkatan nafsu makan antara dua sampai tiga minggu, enam minggu dan tiga bulan usia karena ledakan pertumbuhan sementara. Dalam menangani situasi ini dengan memberi makan tambahan ASI atau susu formula, Anda mungkin akan menemukan pola makan yang biasa pada bayi. Tapi perlu diketahui, perubahan ini bukanlah pertanda bahwa makanan padat sudah diperlukan.


Tanda Bayi Anda Siap untuk Makanan Padat

Bayi Anda siap untuk mulai makan sereal bayi dari sendok ketika ia dapat:

· Peganglah kepalanya dan ia dapat memalingkan wajahnya saat kita akan menyuap makan, berarti ia telah paham bahwa ia telah kenyang dan tahu  bagaimana cara menolak makanan masuk ke mulutnya.

· Duduk dengan dukungan, mempunyai berat badan 2X dari berat lahir.

· Dapat membuka mulut lebar-lebar ketika Anda menawarkan makanan di sendok

· Reflek lidah sudah dapat bayi anda atur sendiri, sehingga makanan padat bisa ditelan, karna bayi yang baru lahir mempunyai reflek untuk mendorong lidahnya keluar.

No comments:

Post a Comment