Monday, June 25, 2012

Pengembangan Otak dan Anak Anda

Pengembangan  Otak dan Anak Anda


Penelitian telah mengumpulkan sejumlah bukti besar dalam beberapa tahun terakhir tentang perkembangan awal otak dan pentingnya tahun-tahun awal anak-anak sejak lahir sampai enam bulan.

Seorang anak lahir dengan sekitar 100 miliar sel. Banyak dari sel-sel ini masih menunggu untuk dihubungkan. Berapa banyak dari sel-sel ini akan terhubung dan seberapa kuat koneksi ini akan ada hubungannya dengan pengalaman awal anak.

4 Cara Pengembangan Otak Sehat

1. Beri ASI untuk Anak Anda

   ASI merupakan makanan ideal untuk perkembangan otak karena mengandung asam lemak esensial yang dibutuhkan untuk kesehatan saraf dan perkembangan otak.

2. Membentuk Hubungan Sehat dengan Anak Anda

  Sebuah hubungan yang kuat antara mengasuh anak dan orang tua berjalan jauh untuk menghubungkan dan memperkuat sel-sel otak dengan cara yang positif sehat. Awal pengalaman positif mempengaruhi kemampuan masa depan seorang anak untuk menangani stres, memiliki keterampilan sosial yang positif dan kemampuan pemecahan masalah.

3. Jadilah Responsif untuk Isyarat Anak Anda

   Peka pada kebutuhan anak Anda fisik dan emosional. Sebuah respon yang cepat hangat ketika seorang anak marah, sakit atau terluka memperkuat citra diri anak menjadi layak, dicintai dan dipentingkan. Perasaan seperti mempromosikan perkembangan positif anak sosial dan emosional yang dibutuhkan untuk hubungan masa depan.

4. Lindungi Anak Anda dari Bahaya

   Kerusakan fisik maupun emosional dapat mengakibatkan stres meningkat dalam kehidupan anak, yang dapat merugikan khususnya selama tahun-tahun awal perkembangan otak. Dengan menggunakan teknik disiplin yang konsisten dan tepat dan pengaturan batas, seorang anak akan merasa lebih aman di lingkungan mereka. Mereka akan merasa stres karena mereka tahu apa yang diharapkan dan tahu apa yang diharapkan dari mereka.

Jenis-jenis pengalaman, interaksi dan hubungan seorang anak telah berdampak langsung pada bagaimana otak mereka menjadi kabel dan kemampuan masa depan mereka. Adalah tanggung jawab orang tua untuk memastikan koneksi otak yang terjadi dalam lingkungan yang positif merangsang dan memelihara.

No comments:

Post a Comment